Pengangkatan K.H. Hendra Zainuddin Sebagai Mursyid Toriqoh Oleh K.H. Achmad Chalwani
Live Video



Kontak Person:
Ust. Halimi: 081278300119
Ust. Ahmadi Nejad: 082337881513
July 2018
S M T W T F S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Counter Visitor

Total Visitor todays: 15
Total Visitor yesterdays: 20
Total Visitor bulan ini: 305
Visitors Online: 1
Total Visitor: 119351

[psc_print_post_grid]

AULIACENDEKIA.COM, – Dalam perkembangannya Pesantren Aulia Cendekia yang berlokasi di Talang Jambe Sukarami Palembang terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini terbukti dari semakin meningkatnya jumlah santri dari tahun ke tahun, hingga saat ini jumlah santri Pesantren Aulia Cendekia sudah mencapai 1000 santri dari berbagai daerah dan Provinsi.

Menjaga, mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan merupakan salah satu cita-cita Pimpinan Pesantren H. Hendra Zainuddin, M.Pd.I terutama dalam bidang ilmu Agama dan kemasyarakatan. Harapan besar beliau adalah menjadikan Kelurahan Talang Jambe sebagai kota santri yang bernuansa religius, kompetitif, berwawasan global dan pemerataan pendidikan non formal.

Dalam rangka mewujudkan untuk menjadikan Kelurahan Talang Jambe sebagai kota santri maka, Pimpinan Pesantren Aulia Cendekia mendirikan Madrasah Diniyah yang merupakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini dengan membentuk kepribadian generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta mandiri sehingga dapat berguna bagi nusa, bangsa dan agama di masa yang akan datangi.

Madrasah Diniyah Pesantren Aulia Cendekia merupakan salah satu Unit Kegiatan yang berada di bawah naungan Pesantren yang bertanggung jawab terhadap sistem pendidikan khusus di bidang ilmu keagamaan dan ilmu kemasyarakatan.

Sebelum Madrasah Diniyah berdiri, sebenarnya Pesantren Aulia Cendekia telah menerapkan berbagai metode dan kegiatan untuk menjadikan santrinya mahir dalam bidang ilmu keagamaan dan kemasyarakatan. Namun karena jumlah santri yang semakin melonjak serta kegiatan yang ada dirasa kurang mampu mengcover dan meningkatkan kualitas santri dalam bidang keagamaan, maka pada tahun ajaran 2015-2016, Pimpinan Pesantren mengambil sikap dengan mendirikan Madrasah Diniyah Pesantren Aulia Cendekia.

Adapun target pendidikan di Madrasah Diniyah ini adalah para santri diharapkan mampu membaca al-qur’an dengan fasih dan santri mahir dalam ilmu kemasyarakatan. Oleh sebab itu, selain penyelenggaraan Madrasah Diniyah, Pimpinan Pesantren juga mencanangkan pembinaan santri berbasis Wali Kelas atau tenaga pembimbing yang diangkat secara khusus. Program ini dilaksanakan setelah ba’da zuhur, yakni santri belajar ilmu tentang membaca al-qur’an dengan fasih, lalu ba’da asar dilanjutkan dengan pengajaran ilmu tafsir.

Kemudian untuk mengukur serta mengevaluasi pengetahuan santri, maka diadakan ujian lisan dan tertulis setiap empat kali dalam setahun. Selain itu, nilai hasil ujian atau raport Diniyah menjadi penentu untuk kenaikan kelas bagi setiap santri. Oleh sebab itu, setiap santri harus mencapai target materi yang telah ditentukan Kepala Madrasah Diniyah.

Dalam perkembangannya, Kepala Madrasah Diniyah Ust. Hizam Fikri Aditama mengadakan rapat bulanan bersama pengurus dan Wali Kelas dengan tujuan untuk mengembangkan kualitas manajemen dan sistem pendidikan madrasah diniyah. Kemudian setiap tiga bulan sekali diadakan rapat bersama Pimpinan Pesantren untuk melakukan pembinaan manajemen, pengawasan, dan pengendalian mutu.



Tenaga Pendidik

JAM BUKA PERPUSTAKAAN
Perpustakaan :
Senin - Kamis
08.00-16.00
Sabtu
08.00-16.00