Pengangkatan K.H. Hendra Zainuddin Sebagai Mursyid Toriqoh Oleh K.H. Achmad Chalwani
Live Video



Kontak Person:
Ust. Halimi: 081278300119
Ust. Ahmadi Nejad: 082337881513
July 2018
S M T W T F S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Counter Visitor

Total Visitor todays: 10
Total Visitor yesterdays: 20
Total Visitor bulan ini: 249
Visitors Online: 2
Total Visitor: 119295

[psc_print_post_grid]

AULIACENDEKIA.COM, – Pesantren Aulia Cendekia didirikan oleh H. Hendra Zainuddin pada 10 Agustus 2007. Sebagai lembaga pendidikan Islam, misi pesantren Aulia Cendekia adalah mencetak kader ulama ya ng cendekia dan sekaligus hafal al-Qur’an beserta ulum al-Qur’an yang nantinya diharapkan mampu berkiprah dalam masyarakat.

Keberadaan pesantren Aulia Cendekia ini sangat diharapkan oleh masyarakat kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame Palembang sebab belum ada lembaga pendidikan Islam sejenis yang ada di kelurahan ini. Sebagai lembaga pendidikan Islam pencetak para hafidz-hafidzah dan sekaligus mampu menjawab dinamika dan tantangan masyarakat global di pesantren Aulia Cendekia selain diselenggarakan pendidikan men ghafal serta mengkaji ulum al-Qur’an dan kitab kuning juga dilaksanakan jenjang pendidikan formal, mulai dari Raudhatul Atfhal/TK Islam, Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA).

Hingga saat ini usia pesantren Aulia Cendekia tergolong masih sangat muda. Memasuki usia 9 (sembilan) tahun, civitas pesantren Aulia Cendekia telah berbenah diri. Dalam mengelola pesantren ini telah diterapkan manajemen modern dan membangun networking dengan lembaga lain, khususnya Departemen Agama dan Pemerintah Daerah.

Salah satu realisasi kerjasama pesantren Aulia Cendekia dengan Departemen Agama RI, pada tahun 2008 ini Departemen Agama RI memberikan ”amanah” pembangunan sarana fisik Gedung Madrasah Tsanawiyah melalui Pogram Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Indonesian-Australian. Melalui Pogram Madrasah Tsanawiyah Satu Atap ini semakin mempercepat kemajuan proses pembelajaran ini di pesantren Aulia Cendekia. Pada bulan Juli 2016 ini, Raudhatul Atfhal/TK Islam, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) Aulia Cendekia mulai menerima siswa baru tahun ajaran 2016/2017.

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum pendidikan diterapkan di pesantren Aulia Cendekia terdiri atas;

  1. Kurikulum Nasional, yakni kurikulum yang diterapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama secara integrited
  2. Kurikulum Pesantren, yakni kurikulum yang terdiri atas materi pokok yang harus diterima santri, di antaranya; Aqidah, Ibadah, Akhlak, Hafalan al-Qur’an, Ulum al-Qur’an, Bahasa Arab, dan ilmu-ilmu penunjang lainnya. Selain itu, di pesantren Aulia Cendekia juga dilaksanakan juga berbagai kegiatan ibadah amaliyah (individu maupun berjamaah), seperti shalat jama’ah lima waktu, shalat tahajjud, puasa-puasa sunnat, tahlil, dzikir, wirid, pengkajian kitab kuning, dan lainnya.

Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik di Pesantren Aulia Cendekia adalah tenaga-tenaga profesional dan kompeten di bidangnya dan alumni berbagai perguruan tinggi dan pesantren, di antaranya Universitas Negeri Jakarta, IAIN Raden Fatah Palembang, Universitas Sriwijaya, KMI Al-Amin Prenduan Madura, KMI PP. Gontor Ponorogo, PP. Tebu Ireng Jombang.



Tenaga Pendidik

JAM BUKA PERPUSTAKAAN
Perpustakaan :
Senin - Kamis
08.00-16.00
Sabtu
08.00-16.00